1 Buku untuk Indonesia

Berbagi buku untuk pendidikan

Tentang Kami

1 Buku untuk Indonesia adalah Komnitas yang bergerak di bidang pendidikan yang kemudian mengerucutkan diri dalam pengadaan buku untuk perpustakaan sekolah maupun desa di daerah-daerah yang tertinggal maupun yang masih membutuhkan. 1 Buku untuk Indonesia lahir karena keprihatinan kami yang melihat secara langsung adanya kesenjangan pendidikan di daerah-daerah tertinggal. Kami sadar, pendidikan di Indonesia ini masih belum merata. Masih banyak sekali daerah-daerah yang belum terjamah oleh nafas pendidikan yang layak. Oleh karena itu, kami, 1 Buku untuk Indonesia merasa terpanggil untuk menjadi salah satu pihak yang ikut mengisi kesenjangan pendidikan itu.

Sampai saat ini, kami sudah turut membantu sekolah-sekolah dan taman bacaan di berbagai daerah. Terhitung sudah terlaksana empat program besar dan beberapa program bantuan buku dalam skala kecil. Berikut adalah program-program besar yang sudah kami lakukan:

1. Jendela untuk Maluku

Proyek perdana ini dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2012. 1 Buku untuk Indonesia berkesempatan untuk membantu pengadaan buku di sebuah sekolah dasar di Manusela, Maluku Tengah, Maluku. Terhitung sekitar 1500-an buku dan alat tulis disalurkan menuju sekolah yang berada jauh di pedalaman Maluku. SD YPPK Manusela dan SD Negeri Maraina adalah nama sekolah tersebut. Butuh 4 hari perjalanan darat yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki untuk mencapai sekolah ini. Namun, semua perjuangan rekan-rekan 1 Buku untuk Indonesia terbayar dengan manis.

2. Pintu Belajar Tambora

Proyek kedua ini digarap bersama dengan komunitas InIndonesia, sebuah komunitas yang bergerak di bidang yang sama dengan kami, yaitu pendidikan. Tujuan penyaluran buku kali ini adalah sebuah sekolah dasar di lereng Gunung Tambora, NTB, yaitu SD Negeri Tambora. 1 Buku untuk Indonesia ikut serta membantu terlaksananya kegiatan ini dengan menyalurkan 450 buku dan alat tulis ke sekolah ini.

3. Jogja Membaca

Mengambil tempat di tanah kelahiran 1 Buku untuk Indonesia, kami menyalurkan buku di dua tempat yang berbeda, TK Kyai Mojo Pingit dan Taman Bacaan Masyarakat Dusun Glagahwero. Kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2012. Dalam pelaksaannya, kami dibantu oleh beberapa komunitas sosial yang berada di Jogja, sebut saja Pagi Berbagi, Dolanan Anak, dan Komunitas Panggung Boneka. Buku yang terkumpul dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 1000 buku yang dibagikan secara merata ke dua tempat tersebut.

4. Kotak Ajaib Poso

Kegiatan ini merupakan kerja sama 1 Buku untuk Indonesia dengan Project Sophia, sebuah perpustakaan keliling yang memberikan fasilitas buku bacaan secara gratis kepada anak-anak korban konflik Poso. Perpustakaan ini didirikan oleh Lian Gogali, aktivis perempuan Poso yang terus menyerukan perdamaian di bumi Poso. Usahanya dalam menjalankan Project Sophia yang telah membuat kami ikut tergerak untuk membantu. Terhitung 1100 buku dan alat tulis disalurkan pada tanggal 22 November 2012.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s