1 Buku untuk Indonesia

Berbagi buku untuk pendidikan

Jendela untuk sabahat kecil Manusela

4 Comments

Pagi itu (16/10)  saya dan Dharma di beri kesempatan untuk mengajar murid SD YPPK  Manusela Seram Utara. Gedung sekolah yang berada bersebrangan dengan rumah baparaja, tempat kami menginap, kami datangi saat anak-anak sudah mulai berdatangan meski pagi itu hujan menguyur desa ini.

SD YPPK Mausela

Sebelum masuk ke sekolah, pagi buta, sekitar pukul 6.00 WIT travel mate saya, Dharma menemani Billi (7th) murid kelas 2 di sekolah ini mengibarkan bendera. Hari itu senin. Tapi tidak ada ritual upacara bendera seperti  senin-senin pada umumnya. teryata memang di sekolah itu tak pernah ada upacara bendera. Alasanya karena guru hanya ada satu.

Ya, di SD yang mempunyai total murid  sekitar 60 anak dan 6 kelas itu hanya di ampu oleh 1 guru saja. Yuli Lilihata lah yang mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk mengajar murid-murid itu. Sudah 5 tahun beliau menjadi pengajar disekolah yang di bangun 1987 saat Opression Rely masuk ke Maluku. Beliau bukan guru yang tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji bulanan yang tetap. Beliau hanya guru honorer yang tak bergaji. ketika saya bertaya kenapa beliau tetap setia mengajar di tengah keterbatasan fasilitas sekolah dan lain-lainnya, beliau hanya tersenyum kepada saya dan

” kalau bukan kita sendiri lalu siapa? siapa yang mau mengajar di sekolah terpencil seperti Manusela ini Ocha..” begitu beliau menjelaskan kepada saya.

Prihatins saya mendengar ungkapan Mama guru tersebut. Saya jadi berrfikir, banyak sekali orang yang bercita-cita ingin menjadi guru. Tak sedikit juga kampus-kampus yang mempunyai fakultas keguruan di Indonesia ini. Tapi kenapa sampai ada sekolah yang kekurangan guru seperti di Manusela ini?

Mama Yuli dengan kedua anaknya Bili (kelas 2) dan Yuyun (kelas 1) yang juga sekolah di SD YPPK

Sebenarnya saat sore itu beliau bercerita kepada saya, ada 2 guru PNS yang mengajar di SD YPPK ini, tapi saat saya masuk kelas tak seorang gurupun kecuali mama Yuli yang kami temui. Entah kemana 2 guru itu. Beliau mengaku jika 2 guru lain hadir maka 2 kelas akan di ampu oleh satu guru. Dan jadwal mengajarnya pun akan bergantian. Misal kelas 1 dan 2, masuk kelas 1 menjelaskan dan di beri tugas. Baru setelah itu masuk ke kelas 2. Begitu seterusnya. Dan jika 2 guru lain tak hadir, maka mama guru harus mengajar dari kelas 1 sampai kelas 6 ini sendiri. dan tak jarang sekolah harus diliburkan jika guru harus berbelaja keperluan hidup atau ada keperluan di kota. Di liburkan karena memang waktu tempuh untuk sampai ke kota 4 hari. Dan ketika guru sudah kembali sekolah pun akan di buka lagi. Murid di SD ini juga tak di pungut biaya SPP. Mereka sekolah dengan Cuma-Cuma. Cuma-Cuma karena ga akan ada yang mau juga kalo sekolah memasang tarif SPP.

Saat itu saya memilih untuk mengajar kelas 1 dan 2. Dan mama guru bilang di gabung saja. Oke ga masalah, karena meskipun di gabung murid yang ada dikelas hanya 15 orang saja. Begitu memasuki ruang kelas 2, bulu kuduk saya langsung berdiri. Bangunan kelas yang alakadarnya, lantai tanah bercampur kerikil-kerikil, dan jendela yang tak berdaun. Mungkin kalau di Jawa bangunan ini tepatnya untuk kandang ayam atau gudang. Jangan berharap juga melihat mereka berpakaian seragam putih bersih, rapi dan lengkap dengan sepatu. Mereka memang berseragam. Tapi seragam mereka juga seadanya. bahkan tak sedikit dari mereka yang harus beberapa kali memegang celana dan roknya agar tidak melorot karena ukurannya yang lebih besar dari ukuran tubuhnya. Sepatu hanya terlihat dipakai oleh beberapa anak. Sisanya mereka telanjang kaki atau mengenakan sandal jepit. Tapi senyum anak-anak kembali menghangatkanku pagi itu. Sapaan selamat pagi pun mereka sambut dengan beitu riang meski agak malu-malu. begitu saya masuk, di belakang saya ada Bili dan Yuyun membawa buku paket. Rupanya hari itu matapelajarannya adalah PPKN dan Bahasa Indonesia. sebelum masuk ke pelajaran saya mengajak anak-anak bernyanyi. 2 lagu, disini senang di sana senang dan satu dua tiga, cukup menghangatkan suasana kelas yang dingin karena terlalu banyak ventilasi itu. Karena anak-anak sudah siap dengan buku Bahasa Indonesia, maka saya langsung mengambil buku paket itu dan membuka.

Ruanga kelas II

Hari itu kami membahas puisi. Puisi yang berjudul “topeng monyet” itu di bacakan beberapa anak di muka kelas. Mereka sangat bagus lho membaca puisinya. Begitu selesai membaca puisi, saya membahas puisi itu. Saat saya tanya apa itu puisi, dengan lantang mereka menjawab TOPENG MONYET. hahahaha… Mereka berfikir kalau puisi itu topeng monyet. karena puisi yang mereka baca saat itu berjudul topeng monyet. kemudian saya menjelaskan apa itu puisi.

Dan pertanyaan demi pertanyaan pun mengalir. saat saya bertanya apa itu topeng monyet, ternyata tak satupun murid yang tau apa itu topeng monyet. Terpaksa saya menjelaskan lagi siapa Sarimin, si tokoh topeng monyet itu. Dan kebingungan mulai menghampiri saya saat saya Tanya siapa yang pernah lihat monyet? Dan tak seorang pun angkat jari tanda tau. Terpaksa saya menjelaskan cirri-ciri monyet. Sampai bergaya ala sarimin pergi kepasar di depan kelas. Alhasil anak-anakpun  tertawa kepingkal-pingkal melihat saya memeragakan di depan kelas. Kemudian saya binggung lagi ketika harus menjelaskan tentang bab selanjutnya yang membahas tentang liburan. Saat itu gambar yang terpasang di buku paket itu adalah wahana merry merry go around di sebuah pasar malam. Merry merry go around? Pasar malam? Liburan? Tak ada satupun yang pernah melihat dan rasakan. Dengan terbata-bata saya mencoba menjelaskan itu semua. Tak bisa dengan kata-kata saya menggunakan media papan tulis untuk menggambar.

Saya menggambar alat transportasi. Mobil, sepeda motor, pesawat, kapal, dan sepeda. Meski tak terlalu bagus tapi setidakya gambaran saya sedikit memberi gambaran buat anak-anak (semoga). Kurikulum mereka harus mengikuti kurikulum sekolah-sekolah di kota. Jadi memang banyak kendala ketika menjelaskan satu hal yang ada di buku yang dikota ada tapi di tempat mereka tak ada. Bahkan mereka belum pernah sekalipun melihat bentuknya.

Kembali saya menyanyi. Entah kenapa hari itu saya senang sekali bernyanyi. Walaupun saya sadar suara saya kalah bagusya dengan mereka. Indonesia Raya menjadi pilihan saya dan anak-anak setelah kami selesai menyanyikan lagu pelaut. Disini saya kembali di buat merinding. Dan ini kali pertama saya menyanyikan lagu kebangsaan ini sampai bulu kuduk saya berdiri dan dengkul saya melemah. Mereka dengan lantang dan penuh semangat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ditengah keterbatasan mereka hidup dan menuntut ilmu , mereka tetap saja mencintai Indonesia. meski entah Indonesia cinta mereka atau tidak.

Tidak lama saya masuk di kelas. Karena hari sudah siang, matahari sudah mulai menyingsing, itu artinya perjalanan kami harus segera di lanjutkan. Setelah puas saya kemudian pamit. Sebelum pamit saya meminta anak-anak membuat surat untuk saya. Mata saya lansgung tertuju kepada satu anak yang duduk di muka. Tidak ada yang special, hanya saja dia menuliskan surat dengan isi pensil yang sudah benar-benar pendek. Satu lagi anak menulis hanya dengan isi pulpen tanpa body pulpennya. Itu semua pernah saya lakukan sekitar 15 tahun lalu ketika saya juga masih duduk di bangku SD. dan di tempat ini itu masih berlaku….oh ibu!!! Dalam surat itu, mereka mengucapkan selamat jalan kepada saya, semoga sampai dengan selamat. Tapi satu yang membuat saya miris. ada satu penggal surat yang isinya “kakak rosa kirim buku” . spontan tubuhku langsung melemas (lagi). Saya ingat cerita mama guru sore itu saat saya menanyakan perpustakaan sekolah.

tanpa sepatu bukan berarti semangat belajar kami meredup

menulis dengan isi pensil yang hanya tinggal beberapa cm saja

isi pulpen tanpa bodynya

jendela tak berdaun,ventilasi yang “berlebihan” lantai tanah berhias kerikil..

dharma di kelas 6

senyumnnyaaaa….:)

“ya, kami punya perpustakaan. Tapi ya seperti itulah. Hanya seadanya. Besok dilihat saja ya. Kami Cuma punya sekitar 20 buku saja.”

Selesai pamit dan foto-foto dengan anak-anak saya segera keluar dan melihat ruang-ruang di sebelah ruang kelas II tadi. Ternyata kantor guru dan perpustakaan dengan rak besar birunya. Benar yang di bilang mama guru. Memang hanya perpustakaan seadanya. Rak biru besar  berlantai 3 itu hanya berisi beberapa buku saja. Itupun sudah usang. Ketika saya melihat lebih dekat buku-buku tersebut, ternyata bukan buku pendukung atau buku cerita. Melainkan buku paket. diatas rak itu ada beberapa alat peraga yag berwarna warni. Hanya itu yang mereka punya di perpustakaan sekolah ini.

perpustakaan alakadarnya

Setelah mengambil beberapa jepretan, saya langsung pergi ke kelas yang di ajar oleh kawan saya,Dharma. Mereka sedang meenyanyikan lagu nasional juga. Sedangkan anak-anak kelas  lain melihat dari balik jendela. Kucing tikus. Ya, saya langsung mengajak anak-anak bermain kucing tikus setelah berhasil membuat lingkaran di tengah lapangan. Kelas yang Dharma ajar pun sudah selesai. Anak-anak semakin banyak dan ramai saja. Permainan pun di mulai. Saya bergabung dengan anak-anak membuat lingkaran sedangkan Dharma memotret. Semua tawa lepas. Langit yang semakin membiru pun memayungi tawa kami diantara cucuran keringat.

murid kelas 1 dan 2

Sepulang dari Manusela ini, kami berencana mengumpulkan uang untuk kemudian di belanjakan buku-buku dan dikirim ke Manusela. Tapi tidak menutup kemungkianan untuk mengumpulkan juga buku-buku bekas yang masih layak untuk di baca. Tentunya buku-buku tersebut untuk mengisi rak biru besar perpustakaan SD YPPK Manusela  itu dan memberi jendela sahabat-sahabat kecil Manusela melihat dunia luar.

Manusela, desa kecil yang indah yang disana pada akhirnya saya belajar banyak hal. belajar mengenai bagaimana caranya untuk tetap survive dan bersyukur di tengah semua keterbatasan, belajar mencintai Indonesia dengan cara kita sendiri meski Indonesia entah cinta atau tidak, belajar memaknai ulang hidup kita, ah masih banyak pelajaran yang saya dapat dari desa kecil itu. Manusela memicu saya untuk segera lulus dan mewujudkan cita-cita besar saya. mengajar di tempat-tempat terpecil seperti Manusela ini. terimakasih, Manusela! 🙂

ini lho manusela…

(Rosa)

Advertisement

Author: 1 buku untuk indonesia

1 Buku untuk Indonesia adalah wadah berbagi untuk para pemerhati pendidikan terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal dan terpencil. 1Buku untuk Indonesia fokus pada pengumpulan buku (baik baru maupun bekas) dan mendistribusikannya ke perpustakaan/daerah-daerah yang masih membutuhkan.

4 thoughts on “Jendela untuk sabahat kecil Manusela

  1. Luar biasa tulisannya…
    jadi pengen melihat langsung ke Manusela…

  2. Bisa lihat foto-foto yg lain d manusela???
    semoga saja bisa bermanfaat…
    Gob Bless

  3. Rosa .. mohon kontaknya .. karna kami pengen ngirim buku cerita buat anak2 di sana ..mohon bantuannya .. 🙂

  4. @jefri: terimakasih bang… Manusela memang sangat memukau dengan kesederhanaannya dan selalu membuat saya kangen..:)
    @alexander: bisa kontak saya ke @rosadahlia atau @1buku…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s